Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) mulai membuka penerimaan mahasiswa Tahun Akademik 2009/2010. Unikarta juga telah melakukan tes bagi para calon mahasiswa yang telah mendaftar pada Gelombang I yang telah dimulai pada tanggal 13 Juli 2009, lalu.

Hal ini diungkapkan Pembantu Rektor I Unikarta Dr Yonathan Palinggi, kepada media ini. Yonathan mengatakan, saat ini sudah terdapat 709 calon mahasiswa baru yang telah terdaftar di gelombang I dan sudah mengikuti tes. Nantinya, mereka akan tersebar dalam 10 program studi dan tujuh Fakultas yang ada di Unikarta.

“Bagi yang ingin mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa, Unikarta juga membuka gelombang ke-2 pada tanggal 14 Juli sampai dengan 8 Agustus 2009 dan pelaksanaan tes bagi gelombang II akan diadakan pada tanggal 10 agustus” tukasnya.

Ia menambahkan, setelah pelaksanaan tes bagi gelombang I dan II calon mahasiswa baru program SI, Unikarta segera membukan pendaftaran mahasiswa baru program pascasarjana (S2) untuk program studi Magister Administrasi Publik (MAP). “Program ini sudah berjalan dan telah meluluskan sejumlah mahasiswanya,” ujarnya.

Yonathan menjelaskan, Unikarta juga akan membuka program Magister Manajemen (MM) untuk Fakultas Ekonomi dan program magister untuk Fakultas Pertanian. Ke depan, Unikarta juga akan membuka program-program studi guna merespon kebutuhan pasar seperti program studi matematika dan lainnya.

Menurutnya, saat ini kualitas tenaga pengajar yang ada di Unikarta tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak para dosen yang telah bergelar doktor hingga guru besar.

“Dosen-dosen Unikarta yang sekarang ini telah mengikuti pendidikan S3 segera menyelesaikan pendidikannya dan nantinya akan di usulkan untuk menjadi guru besar, “ paparnya. Belum lagi, saat ini Unikarta terus berbenah dari segi fasilitas. Salah satunya, kampus baru di Tenggarong Seberang yang masih dalam tahap perampungan pembangunan fisik.